Home » Definisi » Definisi Sistem Pendukung Keputusan

Definisi Sistem Pendukung Keputusan

Definisi Sistem Pendukung Keputusan

Definisi sistem pendukung keputusan merupakan sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. (Turban, 2001). Sistem Pendukung Keputusan atau dalam bahasa asing disebut dengan decision support systems dapat juga diartikan sebagai sistem komputer pengolah data untuk dijadikan informasi guna membantu untuk mengambil keputusan dari sebuah masalah yang terstruktur maupun tidak terstruktur. SPK memiliki tujuan yang antara lainya adalah menyediakan informasi, membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkannya kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik.
perancangan sistem pendukung keputusan yang benar adalah perancangan dengan berbasis sistem perangkat lunak interaktid supaya mudah dalam membantu para pengambil keputusan  dengan memadukan informasi dari data-data yang ada, dokumen, dan model bisnis untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta mengambil sebuah keputusan.


Definisi Sistem Pendukung Keputusan

Definisi Sistem Pendukung Keputusan

Peran dan Tujuan Sistem Pendukung Keputusan

Sistem Pendukung Keputusan memiiki peran dalam memecahkan subuah masalah dimana sistem pendukung keputusan dapat memperluas dukungan manager dalam memecahkan sebuah masalah karena sistem pendukung keputusan dapat disesuaikan dnegan kebutuhan khusus dari manager. selain itu tujuan dari sistem pendukung keputusan adalah membantu membuat sbuah keputusan untuk memecahkan masalah semi-terstruktur, tujuan lainya adalah dapat mendukung penilaian manager bukan mencoba menggantikanya sehingga dapat meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan dari padsa efisiensinya.


Komponen Sistem Pendukung Keputusan


1. Database Management


Merupakan subsistem data yang terorganisasi dalam suatu basis data. Data yang merupakan suatu sistem pendukung keputusan dapat berasal dari luar maupun dalam lingkungan. Untuk keperluan SPK, diperlukan data yang relevan dengan permasalahan yang hendak dipecahkan melalui simulasi.

2. Model Base

Merupakan suatu model yang merepresentasikan permasalahan kedalam format kuantitatif (model matematika sebagai contohnya) sebagai dasar simulasi atau pengambilan keputusan, termasuk didalamnya tujuan dari permaslahan (objektif), komponen-komponen terkait, batasan-batasan yang ada (constraints), dan hal-hal terkait lainnya. Model Base memungkinkan pengambil keputusan menganalisa secara utuh dengan mengembangkan dan membandingkan solusi alternatif.

3. User Interfase / Pengelolaan Dialog

Terkadang disebut sebagai subsistem dialog, merupakan penggabungan antara dua komponen sebelumnya yaitu Database Management dan Model Base yang disatukan dalam komponen ketiga (user interface), setelah sebelumnya dipresentasikan dalam bentuk model yang dimengerti computer. User Interface menampilkan keluaran sistem bagi pemakai dan menerima masukan dari pemakai kedalam Sistem Pendukung Keputusan.


Definisi Sistem Pendukung Keputusan


Manfaat Sistem Pendukung Keputusan

Sistem pendukung keputusan dapat memberikan berbagai manfaat dan keuntungan. Manfaat yang dapat diambil dari Sistem pendukung keputusanantara lain :

1. SPK memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses data / informasi bagi pemakainya.

2. SPK membantu pengambil keputusan untuk memecahkan masalah terutama barbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur.

3. SPK dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan. 

4. Walaupun suatu SPK mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun dia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya,karena mampu menyajikan berbagai alternatif pemecahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*